8 Istilah Dalam Asuransi Yang Wajib Anda Ketahui

Di zaman yang semakin maju dan modern ini tentu Anda sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata asuransi. Asuransi seringkali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Sayangnya, orang-orang tersebut justru yang tidak terlalu mengenal asuransi.

Yuk simak makna asuransi dan beberapa istilah yang wajib Anda ketahui dalam asuransi.

Definisi Asuransi

Asuransi adalah sebuah bentuk perjanjian antara dua belah pihak, yakni perusahaan asurasi dan nasabahnya. Nasabah harus membayar iuran rutin kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan sebuah bentuk ganti rugi atas sebuah resiko finansial yang dapat terjadi kapan saja secara tidak terduga.

Perlu digaris bawahi bahwa asuransi tidak dapat meniadakan sebuah resiko akan terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan. Akan tetapi, dengan adanya asuransi dapat meminimalisir dampak kerugian yang ditimbulkan akibat dari peristiwa tersebut.

Istilah Dalam Asuransi

Sebelum Anda membeli asuransi, terdapat beberapa istilah dalam asuransi yang wajib Anda ketahui, berikut penjelasannya:

1.  Polis Asuransi

Polis asuransi yakni sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh pihak penanggung (peruahaan asuransi dan pihak tertanggung (nasabah) yang berisi mengenai segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak. Polis digunakan sebagai dasar pembayaran ganti rugi atas kerusakan maupun kehilangan yang dialami oleh nasabah.

2.  Premi Asuransi

Premi asuransi adalah iuran wajib yang harus dibayar oleh nasabah kepada perusahaan asuransi sebagai bentuk jasa pengalihan resiko. Nasabah wajib melunasi premi agar dapat menggunakan manfaat dari asuransi ketika diperlukan.

3.  Klaim Asuransi

Klaim asuransi merupakan sebuah permohonan secara legal yang diajukan oleh pihak tertanggung terhadap pihak penanggung guna untuk melakukan pembayaran sebagai bentuk ganti rugi atas kerusakan maupun kehilangan berdasarkan polis asuransi. Validitas klaim akan diperiksa terlebih dahulu oleh pihak penanggung sebelum dilakukannya pembayaran.

4.  Cuti Premi

Cuti premi yakni periode dimana pemegang polis diizinkan tidak membayar premi atau berhenti membayar premi tanpa kehilangan manfaat dari asuransi. Dalam hal ini, ketika melakukan cuti premi bukan berarti pemegang polis tidak membayar premi sama sekali.

Cuti premi diperuntukkan dalam asuransi yang memiliki fitur investasi seperti unit link, yang mana ketika cuti premi dijalankan pihak penanggung menggunakan nilai tunai yang telah terbentuk melalui unit link untuk menutup biaya premi.

5.  Lapse

Lapse adalah sebuah status pemberhentian sebagai pengguna asuransi. Hal ini dapat terjadi apabila nasabah membayar premi tidak tepat waktu atau melampaui masa tenggang. Jika terjadi Lapse, maka Anda tidak dapat mendapatkan manfaat atau fasilitas asuransi.

6.  Biaya Akuisisi

Biaya akuisisi merupakan istilah yang merujuk pada biaya yang harus dibayarkan oleh pemegang polis guna untuk mendapatkan layanan sebagai nasabah.

7.  Nilai Tunai (Cash Value)

Nilai tunai merupakan sejumlah uang yang bisa ditebus oleh pemegang polis pada periode waktu tertentu. Istilah cash value biasa Anda temui dalam asuransi jiwa unit link maupun asuransi dwiguna.

8.  Asuransi Tambahan (Rider)

Asuransi tambahan (rider) yakni sebuah istilah yang terdapat pada program asuransi dasar, dimana pada program ini Anda bisa mendapatkan sebuah manfaat tambahan. Rider akan memiliki premi lebih murah dikarenakan sifatnya sebagai pelengkap.

Jika semakin banyak rider yang Anda ambil maka semakin banyak pula manfaat asuransi yang dapat Anda nikmati. Namun juga akan menimbulkan konsekuensi pada mahalnya premi yang harus Anda bayar.

Nah, jadi itulah definisi mengenai asuransi dan beberapa istilah yang ada dalam asuransi. Anda perlu mengetahui dan memahaminya sebelum mulai menggunakan produk asuransi.